Rabu, 29 Juli 2015

Inilah Cara Menghentikan Mata Berair

Inilah Cara Menghentikan Mata Berair

Meskipun tidak mengancam jiwa, mata berair tentu saja bisa sangat mengganggu. Secara medis, mata berair dikenal dengan nama epifora. Epifora dapat disebabkan oleh banyak hal dari alergi hingga infeksi bakteri. Terlepas dari apa yang menyebabkan mata berair Anda, Anda kemungkinan besar ingin mata berair tersebut segera enyah secepat mungkin. Geserlah ke bawah ke Langkah 1 untuk mengetahui cara Anda dapat menghentikan mata Anda yang berair.

Gunakan obat tetes mata atau “air mata buatan”. Mungkin menggunakan air mata buatan untuk mata yang berair terdengar ironis, namun tetes mata sebenarnya dapat digunakan untuk menghentikan mata berair. Tetes mata bekerja dengan baik, terutama ketika epifora disebabkan oleh mata yang kering berlebihan. Tetes mata akan membantu melembabkan mata, yang akan menyebabkan berkurangnya produksi air mata.

Minumlah antihistamin. Seringkali, mata berair disebabkan oleh reaksi alergi. Meminum antihistamin, atau pil alergi, dapat sangat membantu mengurangi iritasi mata yang disebabkan oleh alergi.

Minumlah antibiotik. Jika Anda pergi ke dokter untuk memeriksakan mata berair Anda, dokter ini mungkin memberikan resep antibiotik, tergantung dari yang ditulis dokter sebagai penyebab mata berair Anda. Infeksi bakteri merespon antibiotik dengan baik. Namun demikian, jika mata berair Anda disebabkan oleh virus, dokter tersebut mungkin tidak akan memberikan resep obat apapun, dan akan meminta Anda menunggu selama kurang lebih satu minggu untuk melihat apakah kondisi mata anda membaik, atau tidak.

Baca juga cara mengatasi mata berair dan perih

Gunakan kain lap bersih untuk membersihkan mata Anda. Jika Anda mengira ada benda asing di dalam mata Anda, misalnya partikel debu, atau jika ada kotoran mata di bagian sudut mata Anda, basahi kain lap bersih dengan air dingin yang bersih, dan kemudian usapkan dengan lembut pada mata yang terinfeksi. Cara ini akan membantu membersihkan mata dari benda apapun yang mungkin menyebabkan mata iritasi.

Buatlah kompres mata. Kompres hangat membantu menghilangkan kotoran dari mata, selain juga bekerja menguraikan racun apapun yang mungkin menghambat saluran air mata Anda. Kompres ini juga membantu mengurangi kemerahan dan iritasi yang seringkali muncul bersama dengan mata berair. Basahi kain lap dengan air panas, peraslah sehingga airnya tidak kemana-mana, dan kemudian letakkan kain lap tersebut di atas mata Anda. Berbaringlah dan biarkan kain tersebut berada di sana selama 15 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar