Minggu, 05 Juli 2015

Gejala Serta Pencegahan Penyakit TBC

Gejala Serta Pencegahan Penyakit TBC

Tuberkulosis atau TBC merupakan penyakit menular yang umum dan dalam banyak kasus bersifat mematikan. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis, biasanya penyakit TBC menyerang pru-paru namun juga bisa berdampak pada bagian tubuh lainnya. Tuberkulosis menyebab melalui udara ketika seseorang dengan inteksi Tb aktif batuk, bersin, atau menyebarkan butiran ludah mereka melalui udara.

Penyebab utama penyakit TB adalah Mycobacterium tuberculosis, yaitu sejenis basil aerobik kecil yang non-motil. Berbagai karakter klinis unik patogen ini disebabkan oleh tingginya kandungan lemak/lipid yang dimilikinya. Sel-selnya membelah setiap 16 –20 jam. Kecepatan pembelahan ini termasuk lambat bila dibandingkan dengan jenis bakteri lain yang umumnya membelah setiap kurang dari satu jam. Cara menyembuhkan penyakit tbc ini dapat diatasi dengan obat herbal, obat herbal sendiri merupakan obat yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Lalu, apa saja gejala dari TBC ini?

Kebanyakan TB tidak menimbulkan gejala (TB laten) hingga menimbulkan gejala jika bakteri tersebut sudah benar-benar aktif. Berikut gejala-gejala yang menandakan TB aktif, diantaranya :

  • Merasa tidak enak badan
  • Batuk, biasanya disertai lendir berwarna hijau atau kuning. Pada kondisi terparah, penderita dapat mengeluarkan darah saat batuk
  • Mudah lelah
  • Napas pendek
  • Kehilangan berat badan
  • Sulit tidur
  • Berkeringat pada malam hari
  • Nyeri pada bagian dada, punggung ataupun ginjal. Mungkin juga pada ketiganya.

Lalu Bagaimanakah Cara Mencegah Penyakit Tuberkulosis (TBC) ini?

Walaupun sifatnya yang tergolong berbahaya karena mudah menular ke orang lain hanya melalui udara, ada banyak cara yang masih bisa Anda lakukan untuk mencegah terinfeksi bakteri Mikobakterium Tuberkulosis. Adapun cara tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Mengurangi kontak langsung dengan penderita penyakit TBC.
  2. Mempraktekkan gaya hidup yang sehat dengan makan makanan yang bergizi, berolahraga serta lingkungan yang sehat.
  3. Memberikan vaksin BCG secara rutin pada balita
  4. Penyakit akan mudah kembali pada orang yang pernah terinfeksi penyakit TBC apabila mereka tidak mencegahnya serta menjaga kesehatan tubuhnya serta lingkungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar